Penelitian Tindakan Kelas

Dalam workshop PTK yang diselenggarakan Sabtu, 18 Februari 2012, di SMAN 1 Tambun Selatan, peserta diberi tugas untuk mencari minimal delapan judul PTK yang kemudian diharapkan salah satu dari judul tersebut dapat dijadikan satu bahan penelitian bagi guru.
Saya pun berhasil mengumpulkan beberapa judul PTK yang berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Inggris karena kebetulan saya adalah guru bahasa Inggris. Mudah-mudahan judul-judul berikut ini bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi para guru, khususnya guru bahasa Inggris, dalam menentukan judul PTK mereka.
  1. Penggunaan media permainan puzzle/crosswords dalam upaya meningkatkan perbendaharaan kosa-kata bahasa Inggris siswa kelas XII semester gasal SMK … tahun pelajaran 2011/2012.
  2. Upaya meningkatkan keaktifan siswa melalui metode kerja kelompok dalam pembelajarn berbicara pada mata pelajaran bahasa Inggris di kelas X semester gasal SMA…tahun pelajaran 2011/2012.
  3. Pemanfaatan media film bisu (muted film) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan naratif pada mata pelajaran bahasa Inggris di kelas X semester gasal SMA…tahun pelajaran 2011/2012.
  4. Pemnfaatan buku-buku cerpen bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan naratif pada mata pelajaran bahasa Inggris di kelas X semester gasal SMA…tahun pelajaran 2011/2012.
  5. Penggunaan foto diri atau gambar koran sebagai media pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan kompetensi menulis karangan deskriptif bagi siswa kelas X semester gasal SMA…tahun pelajaran 2011/2012.
  6. Pemanfaatan buku diary/jurnal sebagai media pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan recount bagi siswa kelas X semester gasal SMA…tahun pelajaran 2011/2012.
  7. Upaya meningkatkan kompetensi mendengar melalui media lagu-lagu berbahasa Inggris pada siswa kelas X semester gasal SMA…tahun pelajaran 2011/2012.
  8. Upaya meningkatkan kompetensi berbicara siswa melalui strategi pembelajaran role-playing atau bermain peran bagi siswa kelas X semester gasal SMA…tahun pelajaran 2011/2012.
Demikianlah kumpulan judul PTK yang bisa saya himpun dalam workshop PTK yang lalu. Semoga bermanfaat.


Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar