Berikut adalah contoh dari kripsi yang salah satu variabelnya adalah Prestasi Belajar (Y). Pertanyaan untuk
bahan angket/kuesionernya adalah sebagai berikut :
SOAL TES PRESTASI BELAJAR
Mata Pelajaran :
Matematika
Pokok Bahasan :
Bangun Ruang Sisi Datar
Kelas/Semester :
VIII / 2 (GENAP)
Waktu :
60 menit
Petunjuk mengerjakan soal
- Tuliskan
terlebih dahulu nama, kelas, dan nomor absen anda pada lembar jawab yang
disediakan.
- Periksa
dan bacalah soal-soal sebelum anda menjawab.
- Jumlah
soal sebanyak 23 soal pilihan ganda, harus dijawab.
- Dahulukan
menjawab soal-soal yang anda anggap mudah.
- Tidak
boleh menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya.
- Perhatikan
semua petunjuk sebelum anda mengerjakan soal.
- Selamat
mengerjakan.
Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d pada lembar jawab
1.
Bentuk
semua sisi pada kubus adalah…
a.
Persegi c. Lingkaran
b.
Persegi
Panjang d. Segitiga
2.
Banyaknya
sisi tegak pada kubus adalah…
a.
1
buah c. 3 buah
b.
2
buah d. 4 buah
3.
Garis
potong antara dua bidang dan terlihat seperti kerangka yang menyusun kubus
disebut…
a.
Sisi/bidang c. Titik sudut
b.
Rusuk d. Diagonal
5.
Diketahui
sebuah kubus dengan panjang rusuk s, maka rumus luas permukaan kubus tersebut
adalah…
a. 6s c. 6s2
b. 6s3 d. s
9.
1. Mempunyai
6 buah bidang sisi yang kongruen
2. Mempunyai 6 buah sisi berbentuk
persegi panjang
3. Mempunyai 8 buah titik sudut
4. Mempunyai 3 kelompok rusuk, setiap
kelompok terdiri atas 4 rusuk yang sama dan sejajar
Dari pernyataan
diatas yang merupakan sifat kubus adalah…
a. 1 dan 2 c. 2 dan 3
b. 2 dan 4 d. 1 dan 3
10. Tersedia kawat 1m yang akan dibuat
kerangka kubus dengan panjang rusuk 7cm. Panjang
kawat yang tidak terpakai adalah…
a. 18 cm c.
14 cm
11. Jika diketahui keliling alas kubus 36
cm. Maka volume tersebut
adalah…
a. 18 cm3 c. 216 cm3
b. 27 cm3 d. 729 cm3
12.
Sebuah
balok mempunyai panjang = p, lebar = l, dan tinggi = t. maka luas permukaan
balok tersebut adalah…
a.
2 x {(p +
l) x (p + t) x (l + t)}
b.
2 x {(p x
l) + (p x t) + (l x t)}
c.
2 x {(p +
l) + (p + t) + (l + t)}
d.
2 x {(p x
l) x (p x t) x (l x t)}
14. Sebuah kawat yang panjangnya 156 cm akan
dibuat kerangka kubus. Agar kawat tersebut tidak tersisa, maka panjang setiap
rusuk kubus tersebut adalah ….
a. 12 cm c. 14 cm
b. 13 cm d. 15 cm
15.
Kawat
sepanjang 12m akan dibuat kerangka balok yang berukuran 9cm×7cm×4cm. banyaknya
kerangka balok yang dapat dibuat adalah …
a.
6 c. 15
b.
12 d. 30
17. Luas permukaan kubus 384 cm2.
Panjang rusuk tersebut adalah…cm
a. 10 c.
6
b. 8 d.5
18.
Diketahui
luas permukaan balok 426cm2. Jika panjangnya 12cm dan lebarnya 9cm,
maka tinggi balok tersebut adalah…
a.
5 cm c.
7 cm
b.
6 cm d. 8 cm
19.
Diketahui balok dengan ukuran panjang 6 cm, lebar 4 cm dan
tinggi 3 cm. Volume balok adalah ...
a.
42
cm3 c.
62 cm3
b.
52
cm3 d.
72 cm3
21. Panjang rusuk kubus ABCD EFGH adalah
4cm. maka perbandingan luas permukaan dan volume kubus tersebut adalah…
a. 2 : 3 c.
3 : 2
b. 2 : 5 d.
5 : 2
22.
Luas
permukaan kubus yang memiliki panjang rusuk 7 cm adalah…
a.
343 cm2 c. 245 cm2
b.
294 cm2 d. 196 cm2
23. Sebuah balok memiliki panjang 4cm, lebar
3cm dan tinggi 5cm. Jika
panjang diperbesar 3 kali, sedangkan lebar 2 kali dan tingginya tetap maka
volume balok yang baru adalah …
a. 120 cm3 c. 360 cm3
b. 240 cm3 d. 480 cm3