Prosedur Penelitian Pendidikan

Secara garis besar penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Adapun uraian dari tahap-tahap tersebut adalah sebagai berikut :

Tahap Persiapan

  • Menentukan pokok bahasan yang akan dipergunakan dalam penelitian dengan cara melaksanakan studi literatur dari KTSP dan Silabus.
  • Identifikasi permasalahan mengenai mengenai bahan ajar, merencanakan pembelajaran, alat-alat yang berhubungan dengan pembelajaran dan lain-lain.
  • Survei ke lokasi penelitian untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan untuk penelitian.
  • Melakukan perizinan untuk penelitian dengan memberikan surat izin penelitian yang dikeluarkan oleh fakultas ke sekolah yang akan dijadikan tempat penelitian.
  • Menyusun instrumen untuk pengumpulan data penelitian.
  • Melakukan judgment instrumen terhadap dosen dan guru mata pelajaran yang bersangkutan.
  • Análisis dan revisi hasil judgment instrumen.
  • Melakukan ujicoba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan indeks kesukaran pada kelas lain di luar kelas sampel yang sudah pernah menerima materi yang akan di teliti.
  • Menentukan populasi dan sampel .
  • Menentukan kelas eksperimen dan kelas control dengan berkonsultasi dengan guru mata pelajaran.
  • Menentukan waktu pelaksanaan penelitian dengan berkonsultasi dengan guru mata pelajaran.
Tahap Pelaksanaan
  • Melakukan tes awal (pretest) di awal pembelajaran pada masing-masing sampel (eksperimen dan kontrol) dengan soal tes yang sama. Tes ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan (treatement) dan sebagai pembanding dalam menentukan peningkatan hasil belajar siswa setelah diberi treatment.
  • Pemberian treatment terhadap kelas eksperimen dengan  model kolaborasi TAI dan QT, sedangkan untuk kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Masing-masing kelompok mendapat treatment sebanyak empat kali pertemuan.
  • Melakukan tes hasil belajar (posttes) terhadap sampel (eksperimen dan control) dengan soal tes yang sama. Tes ini bertujuan untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan (treatment).
Tahap Akhir

Pada tahap akhir ini data yang diperoleh akan di olah dan di análisis, untuk lebih jelasnya dijelaskan seperti di bawah ini :
  • Tahap análisis data : pada tahap ini dilakukan análisis data terhadap skor hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Análisis yang dilakukan meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Jika data berdistribusi normal dan homogen, maka tahap uji hipótesis dilakukan dengan menggunakan uji-t.  Namun jika data tidak berdistribusi normal, maka uji hipótesis menggunakan statistik non-parametik dengan teknik Mann-Whitney.
  • Uji hipótesis : pada tahap ini dilakukan penarikan kesimpulan untuk menerima atau menolak hipótesis berdasarkan hasil pengolahan data.
  • Tahap Penarikan Kesimpulan : pada tahap ini dilakukan penarikan kesimpulan penelitian berdasarkan uji hipótesis.


Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar